Selasa, 08 Juli 2014

Kakatua Gallerita_Nasi Goreng



Burung paruh bengkok mempunyai sifat mudah beraptasi dan setia kepada pasangannya. Perawatannya juga mudah, selain itu kepandaian menirukan suara yang banyak disuka oleh peng-hoby burung parbeng, misal jenis burung kakatua jambul kuning yang berasal dari Maluku Utara & Papua.

Menjinakan burung jenis ini tidaklah sulit, cuman perlu waktu satu minggu paling lama dua minggu, burung sudah beradaptasi dan jinak. 
Pada saat burung masih galak atau liar baru dapat hasil jaringan pertama-tama yang dilakukan yaitu burung dimandikan terlebih dahulu sampai kotoran bersih. Jangan lupa untuk dipasang ring pada kaki dan rantai supaya burung tidak terbang lepas. 
Setelah dimandikan taruh ditenggeran jangan diberi makan/minum terlebih dahulu...biarkan sampai bulu yang basah kering baru dikasih makanan kwaci, jagung manis, bubur s*n beras merah dan untuk minum sediakan air susu ditambah vitamin dan obat anti stress. Persediaan makanan untuk memilih yg dia suka, kalau burung tidak mau makan segera kasih makan melalui pipet sampai bisa masuk. Begitu juga dengan air susu yang dicampur obat vitamin dimasukan melalui pipet.
Burung saat habis dimandikan pasti nafsu makan banyak karena kalori dan karbohidrat dalam tubuh terkuras pada saat untuk menghangatkan badan. untuk burung yg masih galak kalau perlu tiap hari dimandikan pada saat cuaca cerah ada sinar matahari. 
Untuk mempercepat adaptasi pada saat setelah dimandikan dicoba untuk didekati dan dipegang, jika masih galak perlu waktu dan kesabaran. jangan lupa obat anti stress sangat membantu.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar